Selasa, Maret 17, 2009

Untukmu, yang ke-seribu kalinya...

Pertama baca kata-kata itu dari buku The Kite Runner. Semua pasti udah pada tau Kite Runner cerita tentang apa.
Hal dari novel itu yang "nampar" gw banget adalah keikhlasan dan kesabaran. 2 hal yang masih jauh bgt dr kehidupan gw selama ini. Tokoh Hasan dalam novel itu ngegambarin banget tentang gimana orang yang sabar dan ikhlas tanpa menginginkan balasan apapun. Awalnya sih gw berpikir kalo Hasan itu bodoh. Mau-maunya berbuat baik sama orang (Amir) yang bahkan ga pernah mengakuinya sebagai teman. Hanya mencari Hasan kalo butuh, dan bolak-balik menyakiti Hasan. Tapi apa tindakan Hasan? ga pernah sedikitpun Hasan marah, dendam apalagi berhenti menyayangi dan berbuat baik kepada Amir.
Hal tersebut sedikit-banyak merubah cara bepikir gw, bahwa kalo kita melakukan sesuatu jangan tanggung-tanggung dan jangan pernah mengharap balasan apapun. Jangan karena kita merasa sudah melakukan yang terbaik tetapi apa yang berbalik tidak sesuai harapan, lantas kita berhenti berbuat baik. Bukan begitu ternyata. Jadi ingat apa kata guru ngaji gw dulu bahwa sabar itu gak ada batasannya. Jika ada orang bicara "ok, kesabaran gw ada batasnya!", itu berarti dia belum sabar.




Ikhlas. Hidup akan lebih ringan jika kita ikhlas. Karena insya Allah, ridho Allah-lah yang paling pantas dan paling wajib kita cari.

Tidak ada komentar: