Rabu, Maret 19, 2008

Museum Prasasti; Spookyless



Huh finally, rencana jalan2 brg bocah2 Dickson kesampean juga stlh brkali2 di-pending.

Kemaren, gw n Dicksoners jalan2 ke Museum Prasasti di Tanah Abang. Janjian awal di halte busway Monas, yg laen pd brgkt bareng tp gw ga bisa coz harus ngasih folder ke si pacar dulu. Yaudah, bis jnjian di halte busway Al-Azhar utk ngasi folder gw lgsung cabut ke Monas. N saat itu waktu udah nunjukin jam 10.30. Padahal janjian di Monas jam 10…he3x…

Hmmm, gw mao crita ah…sdikit kjadian yg trjadi spanjang hari itu…

Di perjalanan gw naek Trans dr Al-Azhar ke Monas, entah apes entah dikutuk…gw harus duduk di sbelah cewe sinting yg naek kendaraan umum cm pake hot pants dan kaos tipis yg kerah aur2an smpe tali bra-nya ikut aur2an n gak lupa belahan boops yg aur2an juga. Sepanjang perjalanan itu cewe kliatan sibuk bgt sm ponselnya, ya sms lah, ya nelpon lah. Hmm, hal biasa sih tp pas nelpon itu loh…ngomongnya dgn suara yg bkin org satu bus nengok smua. Iya deh, maklum…emang pngen diperhatiin bgt itu mahluk. Udah gitu trnyata, di sebelah kanannya duduklah cowonya yg lagi pules tidur. Si cewe sinting yg udah gtau lg mau ngpain utk menarik prhatian org2 di bus akhirnya brenti maen2 ponsel n guess what she did?? Dicium2 lah itu si cowo yg lagi tidur. Buseett,,,najiisss bgt sih tu cewe…di depan umum gitu loh. Yah, udah ga usah ditanya lg d gmn klanjutannya. Yg jelas gw bingung bgt sm jenis mahluk ky itu cw. Penting bgt kayanya bwt dya untuk jd pusat prhatian org…udah pakaiannya minim bgt…(dgn muka yg, ugh sorry to say ya…pas-pasan…), tingkahnya juga tengil ga ketulungan. Kasian bgt…mudah2an dikasi pncerahan deh tuh org…amin.

Lanjuutt…bebas dr neraka Trans…akhirnya gw ktemu sm Dickson2 itu di depan Museum Gajah. Ada 2 gedung di Museum ini, yg satu gedung yg di belakang patung gajah, gaya arsitekturnya ky gedung brsejarah di Eropa *pake pilar2 gitu deh* isinya arca2 n keramik2 peninggalan sejarah. Trakhir gw ke sini brg si pacar, gw ga enjoy coz banyaknya arca bikin gw merinding. Entahlah, trnyata gw gak suka sm arca, patung, dan sejenisnya lah. Gedung di seblahnya, masih baru. Ada skitar 4 lantai yang tiap lantainya nampilin macem2 peninggalan sejarah. Gedung yg ini lumayan menarik, coz di stiap lantainya ada peralatan audio visual. Waktu ke sini brg si pacar, lagi ada pameran fotonya fotografer dr Mexico di lantai 1—seru. Oiya, diantara 2 gedung itu ada tempat yg bagus bgt. Letaknya lebih rendah dr sekelilingnya n ada tmpat duduk kaya di amphitheater gitu deh. Gw n Dickson2 puas foto2 di situ.

Skitar tengah hari bolong, nyampe juga di Museum Prasasti. Itu juga stelah jalan kaki di terik matahari (nekat bgt!) n nyasar kemana2. Sampe itu kuburan (Museum Prasasti)…gw agak sdikit kcewa coz gak sebagus yg gw liat di v-klip2. Tmpatnya agak ga terawat (padahal di depan Museum ini kantor Walikota Jakarta Pusat loh…). Selaen itu yg bkin jd enggak indah adalah banyaknya jemuran di sana-sini (bahkan ada sempak juga…hi3x..punya abang2 yg jaga kali…). Untuk ukuran harga tiket yg standar museum, gw heran knapa tempat ini ancur bgt ya. Kcuali kalo masuk situ gratis, mungkin gw mklum knapa ni tempat gak beres krna dana perawatannya minim. Tadinya gw ngarepin suasana yg sepi (layaknya kuburan lah), n kesan Eropa-nya dapet lah. Yah, itu gw dapetin sih di museum bagian depan. Pas udah nympe blakang museum, sialan…gw malah berasa lg di kebon gara2 bnyak nyamuk n ada abang2 yg bakar sampah. Sinting. Bis liat2 sdikit, gw n Dickson2 have lunch di salah satu sudut paling blakang, di deket bangunan ijo yg mirip menara gereja. Ada kursi di situ tp cm muat 5 org, alhasil gw ngalah n gw duduk di nisan salah seorang Belanda namanya…siapa y?Alfred apa gitu…yg meninggal taon 1800an. *Duh maap ya opa Alfred, nisanmu aku duduki…*. Di museum ini ada bbrp bangunan yg keren. Yg prtama patung cewe yg lagi telungkup kaya pose org nangis (itu gambar yg gw pajang di awal). Trus ada bangunan ijo mirip menara gereja. Patung pastur yg lg berdiri. Juga ada kuburan anak muda org Irlandia yg meninggal umur 19 tahun (ini 1 diantara skian kuburan yg ga pake bahasa Belanda). Ada juga nisan tentara2 Jepang yg gugur ngelawan tentara sekutu. Patung2 angel kecil yg udah gak jelas bentuknya krna ada aja bagian tubuhnya yg udah ilang *ya jempolnya ilang lah, idungnya somplak lah, kakinya berlumutlah…bner ga terawat*. And ada makam keluarga brbntuk rumah kecil yg walopun kotor tapi ttp keren. Seruu deh…cm sayang jumlah makam disini tinggal sdikit bgt. ktnya sih smpet ada pemugaran yg bkin jmlah nisan2 disini dikurangin. Sayang bgt, pdhal ini kan heritage

Kelar melanglang buana di kuburan. Qta lngsung cabut ke Monas…intinya sih mao istirahat n cari angin. Tp sial bwt gw krn gw jatoh n kaki gw kseleo..udh gitu hari udh sore juga. Abis kliling2 sbntar naek kereta dr Monas. Gw n Dickson2 cabut n mengakhiri hari dgn makan paket murahan di McD Sarinah…dasar manusia2 koretttt…hihi…*gile c Uwie ngliat artis katanya di sini….hihihi*.

Gw n Dickson udah berikrar untuk melestarikan ajang jalan2 setiap sbulan sekali sbg cara untuk keep in touch (yah, berhubung smua udh pd angkat kaki dr kampus). Bulan depan rncananya sih mao jalan2 lagi…n next destination; Inul Vizta…*yeiyyy asiikk…karaoke…*.


Tidak ada komentar: