Minggu, Maret 16, 2008

Kok Jelek yaa???

Gini ya…gw mao ikut2an ngomentarin ah... (halah, siapa gw coba?); kemarenan gw nonton Ayat-ayat Cinta bareng si pacar…dan sumpah ya…itu pilem JELEK bgt. Gw sbg org yg udah baca novelnya dluan jujur kecewa bgt2 dgn pilemnya. Alih2 mau improve itu pilem malah jd jelek n terkesan asal2an…jd gw ga heran deh sama pernyataan penulis novelnya yg katanya dya sendiri kecewa sama hasil pilemnya.

Perjalanan gw untuk nonton itu pilem juga berliku-liku,,,2x nyoba nonton gagal terus gr2 keabisan tiket. Baru di kesempatan ketiga, si pacar dgn rela mengantri (jd ga enak niy) dan brhsil dapet tiket itu jg yg jam9 malem plus di Arion pula. Untung malem itu gw emang janjian nginep di kosan tmen gw jd ga masalah bgt jg pulang malem.

Tp ya…gw kecewa aja bis ntn tuh pilem. Kenapa novelnya bs bkin yg baca tersentuh tp filmnya malah terkesan kacangan. Oke, gw tau emang susah nerjemahin novel yg tebelnya lbh dr 100 halaman ke dlm sbuah pilem yg durasinya ga lbh dr 2 jam. Tp, itu si sutradaranya si Hanung bukannya udah pernah nanganin pilem yg diadaptasi dr novel??inget JOmblo kan?...jadi idealnya dya udah pngalaman donk. Dr label jelek yg gw bilang, ada bbrpa hal yg jd sumber kejelekan ini pilem;
  1. Si Fahri itu…mahasiswa S2 kan???kenapa juga ga bs nanganin virus computer???dan gak ngerti klo lagi ngerjain entah skripsi, tesis ato apapun yg penting paling enggak kita harus pnya back-up dokumen2 penting itu. Kayaknya, untuk ukuran manusia2 yg ngrasain bangku kuliah (apapun jurusannya) udah akrab deh sm yg namanya virus. Perasaan gw, di novelnya…bagian Fahri kelimpungan gara2 komputer kena virus gak ada deyh…
  2. Figuran2nya itu loh,,,,temen2 akhwat n ikhwan…kok kesannya lusuh2 ya..???pake jilbabnya aur-auran, lecek, ga matching. Ya ampun, klo gitu kan ngesanin cewe berjilbab jd gak enak dipandang. Sebagai salah satu wanita berjilbab, gw ga terima bgt ngliat hal itu. Knapa jg ga dbikin sebaik mungkin sih??walopun itu cm skedar tampilan para figurannya??. Sapa sih yg nanganin wardrobe-nya???belajar lagi deh…
  3. Kenapa dikesanin kalo si Fahri malah keenakan hidup berpoligami??bukannya di novel, bis Maria ngasi kesaksian di pengadilan dya lgsung pingsan n gak lama meninggal??lah ini??kenapa juga malah…ah aneh bgt…
  4. Yang jadi Bahadur itu yaa…pasti yg suka maen pilem India. Yang suka meranin penjahat2 anak buahnya Tuan Thakur. Penjahat yg slalu diincer sm inspektur Vijay…sumpah ga kaya org Arab. Lebih mirip org India Dravida. Apa krn syutingnya di India jd make prinsip “yang ada aja lah…”. Kenapa gak sekalian ajak Shah Rukh Khan n Amitabh Bachan maen bareng…???jadi deh pilem India…*oiya gw lupa produsernya msh dr Klan Punjabi yg datang dr India…*
  5. Setting yg gak ada keren2nya sm skali. Gak mengesankan Mesir sama skali bahkan ketika Fahri n Maria ngbrol di tepi sungai (yg critanya sungai Nil)…wah jangan2 itu sbnernya sungai Gangga ato sungai Indus yaaa???
  6. Dan yang paling fatal, yg paling mengecewakan, dan yg paling tolol adalah bumper2 (mic yg bergelantungan) keliatan jelas di bbrapa adegan…ya ampuunnn. Bego amat sih…emang itu film ga ngelaluin proses editing apa??sumpah kesalahan yg tolol bgt untuk pembuat pilem itu (yg kayaknya udah sering bkin pilem).


Tp dr smua kejelekan itu, gw msh menghargai lah…di tengah2 serbuan pilem2 horor murahan ada pilem ber-genre yg beda *walopun digarap dgn buruk*. Pesen juga deh, klo laen kali ada yg mao ngangkat pilm dr novel; klo ada kritikan ko ga sebagus novelnya sih??ko beda sama novelnya sih??...jangan lantas ngejadiin novel-sama-film-itu-beda sbgai senjata untuk berkilah deh. Nenek2 juga tau klo novel n film itu beda. Banyak ko film2 adaptasi dr novel yg bagus (walopun dgn alur yg dipersingkat). Hmmm, smoga pembuat2 pilem di Indonesia bisa legowo kalo dikritik…


***cm ada 3 adegan di film ini yg mnurut gw not-so-bad..; 1) wktu adegan ijab kabulnya Fahri-Aisyah. Bis Fahri nyelesein ijab kabulnya…tau2 ada ujan mawar…*seruu bgt...* 2) wktu Fahri sujud syukur gara2 bebas dr tuduhan pemerkosaan…*entah knapa gw slalu takjub ngliat org sujud, hehehe…* 3) di ending film Fahri-Aisyah jalan2 di gurun…*kayaknya perlu di coba tuh jalan2 di gurun brg pasangan…jgn lupa sunblock!*

Tidak ada komentar: